Minggu, 01 Maret 2015

Generasi dalam Perkembangan PJJ

Perkembangan PJJ di Indonesia, ada 2 hal yang menarik yaitu “Generasi Perkembangan” dan “Model Pembelajaran”.
1. Sebutkan 5 generasi perkembangan PJJ dan jelaskanlah model pembelajaran masing-masing!
2. Ada 4 model pembelajaran dengan pemanfaatan TIK, sebutkanlah dan jelaskan masing-masing!



1. 5 Generasi Perkembangan PJJ

  • The Correspondence ModelPada generasi ini, media yang digunakan adalah media cetak. Penggunaan media ini mengedepankan fleksibilitas waktu, tempat dan kecepatan. Bahan yangdiajarkan sudah sistematis, tapi tidak ada interaksi antara peserta didik dan pengajar.
  • The Multimedia Model
    Pada generasi ini, media yang dimanfaatkan terdiri dari media yang dicetak, audiotape, videotape, computer based learning dan interactive video. Sebagian dari penggunaan media telah melibatkan proses interaksi antara pengajar dan siswanya, sebagian lagi belum.
  • The Telelearning Model
    Pada generasi ini, penggunaan medianya lebih bervariasi lagi, diantaranya: audioteleconfrencing, videoconfrencing, audigraphic communication, broadcast TV/Radio and audioteleconfrencing. Meskipun media tersebut dapat meningkatkan interaktifitas antara pengajar dan peserta didik, tetapi penggunaan media tersebut tidak mendukung fleksibilitas waktu tempat dan kecepatan.
  • The Flexible Learning Model
    Generasi ini telah jauh lebih baik jika dibandingkan dengan ketiga generasi sebelumnya. Dengan menggunakan Interactive Multimedia Online, Internet based access to WWW resources dan Computer mediated communication, fleksibilitas waktu, tempat dan kecepatan bisa dicapai sekaligus interaksi pengajar dengan siswanya.
  • The Intelligent Flexible Learning Model
    Penambahan media dalam generasi ini adalah penggunaan Campus portal access to institutional processes and resources. Penambahan media tersebut semakin menyempurnakan perkembangan PJJ yang mengikuti perkembangan zaman.
2. Ada 4 model pembelajaran dengan pemanfaatan TIK

Proporsi Materi yang disampaikan secara online
Kategori
Deskripsi
0%
Traditional - tradisional
Pembelajaran tatap muka – tanpa memanfaatkan TIK atau teknologi jaringan, pembelajaran disampaikan melalui tatap muka lisan maupun dengan memanfaatkan bahan cetak.
1-29%
ICT/Web Facilitated – difasilitasi TIK/Jaringan
Pembelajaran yang sudah memanfaatkan TIK atau teknologi jaringan untuk mempermudah dan memfasilitasi pembelajaran tatap muka. Menggunakan internet sebagai sumber belajar, blog sebagai tempat untuk menayangkan silabus dan materi perkuliahan, menggunakan email untuk komunikasi, dan semua diarahkan untuk memperkaya pembelajaran tatap muka.
30-79%
Blended/
Hybrid
Pembelajaran yang meramu pemanfaatan TIK/teknologi online dan pembelajaran tatap muka. Pembelajaran disampaikan lebih banyak secara online, menggunakan repository bahan ajar online, menggunakan diskusi online, tapi tetap diperkaya dengan pembelajaran tatap muka.
80+%
Online/ e-learning
Pembelajaran yang sangat mengandalkan pemanfaatan TIK/teknologi online: hamper semua materi disajikan dan disampaikan secara online, interaksi dilakukan secara virtual. Biasanya tidak memiliki pembelajaran tatap muka atau hanya memiliki pada tingkat minimal.

1 komentar:

  1. Semoga bermanfaat dan dapat menunjang pekerjaan guna lebih meningkatkan kinerja Perusahaan

    BalasHapus