Jumat, 13 Maret 2015

Pembuatan Animasi di Augmented Reality

Hay, jumpa lagi dengan saya..

Kali ini saya akan sharing mengenai pembuatan animasi di Augmented Reality. Untuk animasi yang saya buat kali ini adalah Pembelajaran untuk SD kelas V tentang Gaya Magnet yang saling tarik menarik.

Sebelumnya kita harus tahu apa itu Augmented Reality? Nah, kalian bisa melihatnya di link blog saya ini http://dwisrifiliani123.blogspot.com/2015/02/membuat-augmented-reality-menggunakan.html.
Di link tersebut adalah pertama kalinya saya menggunakan Augmented Reality atau biasa disingkat dengan sebutan AR.



Langsung saja yah bagaimana cara pembuatan animasinya di Augmented Reality tersebut :

Untuk yang pertama harus kita siapkan file.blend dan juga image target.
1. Buka file.blend yang sudah ada animasinya,
2. Kemudian pilih file - export - auto desk FBX,
3. Simpan dalam folder yang sama pada .blend,
4. Pilih lagi file - external data - unpack all into files. Bila ada tanda centang pada automaticaly pack into .blend hilangkan dulu tanda centangnya. Dan masuk lagi pada file seperti tadi,
5. Pilih use file in curent directory,
6. Bila sudah kita cek di folder yang sudah kita siapkan tadi untuk melihat .fbx,
7. Cek juga teksture dalam folder,
8. Masuk pada unity tarik ke areanya Ar camera dan image target.Untuk main camera delete saja,
9. Atur supaya ar camera dan image target posisinya sama dengan cara position diganti 0(nol) semua,
10. Selanjutnya Pilih asset import packed custom package,
11. File yang dimasukan dari unity package,
12. Untuk memasukan filenya tidak bisa bersamaan harus satu persatu. atur untuk image target dengan data set yang tadinya empty kita ganti dengan file unity package yang telah kita masukan tadi,
13. Buat folder baru pada Asset dengan nama yang diinginkan.Disini saya memakai nama rotasi,
14. Buka folder tersebut dan masukan 2 file dari folder yaitu .fbx dan tekstur.
15. Tarik file animasi kedalam area kemudian klik file .fbx untuk kita atur animasinya. Klik model dan ganti 1 untuk scale factornya apply,
16. Untuk rig pilih legacy kemudian apply
17. Pindah ke animation wrap mode ganti dengan loop,
18. dan ganti nama pada scene yang kita inginkan sesuaikan untuk start dan end sesuai yang terdapat pada file blender,
19. Jangan lupa centang add loop frame dan pilih loop dan apply,
20. Setelah semuanya dimasukan pada area kita atur scala dan posisinya agar terlihat pada Ar camera.Untuk mengaturnya mungkin bagi yang pertama kali belajar akan cukup kesulitan jadi harus sering praktek untuk membuat animasi dengan unity. Terakhir jangan sampai lupa untuk mengatur agar image target terlihat dengan centang pada ar camera pilih load data set,
21. Kemudian kita tinggal play dengan memilih tanda play dibagian atas. hadapkan gambar yang di jadikan marker ke kamera supaya animasi keluar

Nah ini cara pembuatan  animasi di Augmented Realitynya...
teman-teman bisa melihatnya di link ini untuk hasil yang sudah saya buat tadi 
http://youtu.be/KuzMMJwVYy0. Makasih.
SELAMAT MENCOBA YAH!!!!!





0 komentar:

Posting Komentar